ILMU KOMPUTER 2012

Kamis, 25 Oktober 2012

Pengertian Software Serta Kelima Kategori Software

This entry was posted by Friday, 17 August, 2012
Read the rest of this entry »
Pengertian Software Serta Kelima Kategori Software
Ilmu Komputer – Dalam dunia komputer seringkali kita mendengar mengenai software dan hardware. Pertanyaan yang seringkali muncul bagi orang yang masih tergolong baru di dunia komputer adalah: Apakah yang dimaksud dengan software dan hardware? apakah jenis-jenis software dan hardware?
Pengertian Software

Pengertian Software

Dalam dunia komputer, pengertian software adalah perangkat lunak yang beroperasi secara virtual / data sehingga software tak terlihat komponen maupun fisiknya. Software tidak memiliki bentuk fisik melainkan beroperasi dalam bentuk data atau fungsi yang terdapat pada komputer. Pengertian software yang umumnya dikenal secara lebih umum adalah berupa program, aplikasi yang beroperasi melalui instruksi yang dijalankan oleh pengguna komputer.

Software komputer terbagi menjadi 5:

  1. Software berbayar (licence)
  2. Software gratis (Freeware)
  3. Software gratis (Open-source)
  4. Software berbagi (shareware)
  5. Software iklan/spam (adware)

Pengertian Software Berbayar (lisence)

Software berbayar (licence) adalah software komputer yang didistribusikan secara komersil atau berbayar. Ciri Software jenis ini adalah adanya kewajiban untuk mengisi kode aktivasi yang didapatkan melalui pembelian dengan developer / pembuat software yang bersangkutan agar dapat menggunakan software tersebut. Terdapat juga diantaranya yang memberikan masa ujicoba gratis (trial) untuk menggunakan software yang bersangkutan.
Pada umumnya software / perangkat lunak yang berjenis software berbayar adalah program-program seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, AutoCAD dll.

Pengertian Software Gratis (freeware)

Pengertian software gratis adalah perangkat lunak tersebut dibagikan secara cuma-cuma tanpa mewajibkan pengguna untuk membeli software tersebut serta dapat digunakan untuk jangka waktu juga dengan hak distribusi yang tak terbatas. Software yang termasuk dalam kategori freeware antara lain seperti browser Mozilla Firefox, Opera, CCleaner, Smadav, WinRar dll. Pertanyaan yang kerap muncul dibenak pengguna adalah mengapa mereka mendistribusikan software tersebut secara cuma-cuma? Lalu apa untungnya buat mereka?
Pada umumnya developer atau pembuat software gratis tersebut juga menyediakan versi berbayar lainnya yang menambahkan fitur yang tak terdapat pada versi gratis nya. Namun adakalanya pembuat yang ‘murni’ hanya menyediakan versi gratis nya. Kendati demikian pada umumnya mereka tetap memperoleh keuntungan berupa donasi dari pengguna yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Selain itu mereka juga mendapatkan keuntungan lain dari sponsorship atau banner yang memasangkan iklan pada situs mereka.

Pengertian Software Gratis (open source)

Pengertian Software open source hampir sama dengan software freeware. Yang membedakan adalah pada software open source pihak pembuat / developer turut menyediakan source code atau keseluruhan bahasa pemrograman yang menciptakan software tersebut hingga berjalan. Dengan demikian, bahasa pemrograman tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengguna lainnya -khususnya bagi programmer- untuk memodifikasi, mengurangkan atau menambahkan source code yang bersangkutan untuk dikembangkan lebih lanjut untuk digunakan sendiri maupun didistribusikan kembali secara bebas dan gratis! Situs paling terkenal untuk mendapatkan software – software berjenis open source tersebut dapat mengunjungi link berikut: ( Pengertian Software Open Source ).

Pengertian Software Berbagi ( Shareware )

Pengertian Software Shareware adalah software yang bebas digunakan namun dibatasi oleh jangka waktu tertentu (trial). Beberapa software shareware juga terdapat limitasi pada penggunaan fitur khusus yang terdapat didalamnya sehingga software shareware ini dapat didownload dan dipergunakan secara gratis melalui situs resmi mereka namun setelah batas waktu yang ditentukan selesai, maka software tersebut tidak akan dapat digunakan lagi. Contoh Software Shareware pada umumnya adalah program antivirus, software grafis, software riset dll.

Pengertian Software iklan / spam ( Adware )

Pengertian Software dalam kategori ini dapat dibedakan menjadi 2: Adware dan Trojan Adware. Bila anda pernah menggunakan program Messenger dari Microsoft tentunya pernah melihat adanya banner atau pop-up yang muncul pada saat software Messenger tersebut dijalankan. Software tersebut memanfaatkan ruang yang tersedia untuk dipasangkan iklan promosi dsb. Dalam tahap yang wajar, banner tersebut hanya muncul diprogam dan saat-saat tertentu.
Pada kategori yang kedua, software iklan tersebut dapat pula berbentuk Trojan Adware yang terinstal secara diam – diam di komputer atau bahkan situs yang “tidak bersih”. Software yang terinstal secara diam-diam dikomputer tersebut cukup berbahaya karena dapat mengganggu kinerja komputer anda karena software tersebut dapat menyamarkan dirinya dalam bentuk software antivirus, registry cleaner atau bahkan pesan promosi lainnya yang bila di klik akan tertuju pada situs mereka. Untuk menghindari software yang masuk kedalam kategori ini umumnya antivirus saat ini sudah dapat mendeteksi serta memblokirnya.
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Software Serta Kelima Kategori Software. Tulisan mengenai pengertian, jenis-jenis serta cara pemasangan hardware akan ditulis pada artikel lainnya.
Semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar