ILMU KOMPUTER 2012

Kamis, 25 Oktober 2012

Tutorial Cara Menginstal Linux Dari Flashdisk

Instalasi linux
Ilmu Komputer – Linux adalah sistem operasi Open-Source yang bisa didownload secara gratis tanpa memerlukan lisensi. Tulisan mengenai Linux dan kelebihan Linux telah ditulis pada artikel sebelumnya mengenai Penjelasan Mengenai Linux dan Kelebihannya
Pada Tulisan kali ini akan dibahas cara melakukan instalasi Linux dari flashdisk pada Komputer / Notebook. Trik ini cukup membantu apabila anda ingin menginstalkan Linux pada Notebook / laptop anda yang tidak semuanya mempunyai CD/DVD ROM. Sebagai alternatif anda dapat menggunakan media CD/DVD Eksternal atau USB flashdisk. Untuk menginstal Ubuntu Linux melalui Flashdisk dapat dilakukan dengan menggunakan UNetBbootin dan USB-Creator

Tutorial Cara Menginstal Linux Dari Flashdisk Dengan UNetbootin

Sebelumnya anda dapat mendownload program UNetbootin terlebih dahulu pada link berikut: UNetbootin .Selanjutnya anda membutuhkan program Ubuntu untuk menginstall Linux. Link untuk mendownload Ubuntu Linux. File yang ter-download berekstensi .iso dan anda perlu sedikit bersabar untuk mendownload file Ubuntu Linux karena file tersebut berukuran cukup besar, sekitar 600mb ;) Bila anda sudah mempunyai CD atau copian file Ubuntu, dapat langsung menjalankan program UNetbootin seperti gambar dibawah: (klik untuk perbesar)
Tutorial-Cara-Menginstal-Linux-Dari-Flashdisk-2
Program Unetbootin selain digunakan untuk menginstal Ubuntu Linux juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat SystemRescueCD dan juga SystemRescue dari berbagai antivirus seperti Kaspersky, Dr.Web, F-Secure dll. Juga terdapat berbagai fitur seperti DOS, Smart Boot Manager, Mandriva, CenOS, NTPassword, Gujin dan banyak lagi.
Pilihkan Ubuntu yang terdapat pada list lalu klik browser yang terdapat disebelah kanan bawah dan cari file .iso Ubuntu yang telah didownload tadi. Kemudian Tentukan lokasi harddisk yang anda ingin anda instalkan dan klik Ok.

Tutorial Cara Menginstal Linux Dari Flashdisk Dengan LinuxLive USB-creator

Sebelumnya anda dapat mendownload software LinuxLive USB-creator pada link berikut: USB-creator. Cara instalasi dengan LinuxLive USB-creator hampir sama dengan menggunakan UNetbootin. Siapkan flashdisk yang berkapasitas minimal 2 GB berikut file .iso Ubuntu
Tutorial-Cara-Menginstal-Linux-Dari-Flashdisk-3
Anda dapat mendownload software update apabila ada pesan untuk update pada saat menjalankan software tersebut.
Untuk menginstal Linux dengan software ini, anda dapat menentukan lokasi instalasi yang diinginkan. Lalu pada step 2, terdapat 3 pilihan cara untuk menginstal linux melalui file .iso , CD atau download dari situs Ubuntu (bila anda belum mempunyai file instalasinya) .
Pada USB Desktop Image Creator telah terdapat didalam paket LinuxLive USB-Creator, USB-Creator-KDE (USB-creat0r-gtk bila menggunakan versi 9.10) didalam Kubuntu.
Untuk melihat cara instalasi / Live CD pada LinuxLive USB-Creator dapat diakses melalui menu System > Administration > Create a USB Startup Disk atau K-Menu > Applications > System > USB Startup Disk Creator (Kubuntu).
Bila anda tidak menemukannya dapat mencoba perintah berikut pada bagian terminal: sudo apt-get install usb-creator
Bila ingin menggunakan Live-CD, maka perlu mengaktifkan software sourcenya (sudo gedit/etc/apt/sources.list).
Tutorial-Cara-Menginstal-Linux-Dari-Flashdisk-4
Demikianlah Tutorial Cara Menginstal Linux Dari Flashdisk. Semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar