ILMU KOMPUTER 2012

Rabu, 24 Oktober 2012

Trik Windows 7 – Cara Memindahkan Folder My Document

This entry was posted by Friday, 12 October, 2012
Read the rest of this entry »
Cara Memindahkan Folder My Document  – My Document adalah folder standar yang terletak di drive C: dan sudah ada sejak pertama kali Windows terinstal di komputer anda. Folder ini juga merupakan folder standar tempat menyimpan file. Setiap kali anda meng-klik File > Save as.. secara otomatis software tersebut akan mengarahkan lokasi My Document sebagai tempat pertama penyimpanan.
Bagi anda sudah terbiasa meletakkan file di folder MyDocument ini tentu perlu sedikit berhati – hati karena ketika sistem operasi Windows anda mengalami error / crash / gagal booting dll yang menyebabkan komputer harus di format ulang, akan sangat merepotkan untuk menyelamatkan data – data di My Document tersebut.

Trik Windows 7 – Cara Memindahkan Folder My Document

Secara default folder My Document tak dapat dihapus namun ada cara untuk memindahkannya ke tempat lain yang -setidaknya- lebih aman, caranya adalah:
Klik tombol Icon Windows + E pada keyboard untuk membuka Windows explorer.
Lalu pada bagian Libraries, klik Document
Memindahkan folder mu document
Lalu klik kanan pada My Document > pilih Properties. Setelah itu akan terbuka jendela My Documents Properties seperti gambar berikut:
Memindahkan My Document
Lalu klik tab Location. Anda akan melihat lokasi standar folder My Document anda yang terletak pada drive C:\Users\namaUser\Documents.
Langkah berikutnya adalah cukup merubah lokasi standar tersebut menjadi lokasi yang anda inginkan. Untuk amannya, disarankan untuk menaruhnya di drive yang berbeda dengan lokasi Windows anda terinstal untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan bila sewaktu – waktu komputer anda ingin di format ulang sehingga tidak perlu repot – repot memindahkan semua file anda yang terletak didalam folder My Document.
Silakan ubah alamat lokasi dimanapun yang anda inginkan setelah itu akan ada notifikasi seperti berikut:
Merubah Lokasi My Document
Klik Yes saja untuk melanjutkan proses pemindaian.
Kembali klik Ok untuk menutup jendela dialog. Trik selesai! :-)
Demikianlah langkah – langkah Cara Memindahkan Folder My Document pada Windows 7. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar