ILMU KOMPUTER 2012

Rabu, 24 Oktober 2012

Cara Membuat Startup Disk

This entry was posted by Wednesday, 29 August, 2012
Read the rest of this entry » Cara Membuat Startup Disk
Ilmu Komputer – Adalah hal yang cukup penting jika anda selalu mempunyai startup disk (atau terkadang disebut juga dengan booting disk atau emergency disk). Startup Disk ini berfungsi untuk ‘menyelamatkan’ komputer anda bila sewaktu-waktu terjadi error yang menyebabkan komputer menjadi tidak bisa booting / masuk ke dalam Windows.
Cara membuat Startup Disk atau bootup disk sangat mudah dengan hanya  memerlukan sebuah disket atau FloppyDisk yang dapat anda beli di toko komputer dengan harga yang tidak mahal. :-)

Cara Membuat Startup Disk

Jika anda memiliki Norton Utility atau software sejenisnya akan lebih mudah lagi untuk membuat sebuah startup disk. Namun jika anda tidak memiliki software – software tersebut tak perlu khawatir karena anda masih dapat membuat Emergency Startup Disk melalui Add/Remove Programs yang terdapat pada fitur standar Windows atau melalui format menu.

Cara membuat Startup Disk

Masukkan Floppy disk (disket) ke dalam drive floppy anda
Klik My Computer
Klik kanan pada drive floppy > pilih format
Lalu centang pilihan Create an MS-DOS startup disk
Klik Start
cara membuat startup disk
Tambahan:
Membuat Startup disk akan menghapus semua data di floppy disk anda. Oleh karena itu pastikan agar anda telah menyimpan semua data disana sebelum anda membuat startup disk.

Cara Menggunakan Startup Disk

Untuk menggunakan Startup disk, masukkan disket yang telah anda buat Startup disk tadi lalu nyalakan komputer anda.
Setelah proses ‘After the Power On Self Test’ (POST) selesai, klik tombol Delete dan masuklah ke dalam settingan BIOS. Bila anda belum mengetahui bagaimana cara masuk ke mode BIOS dapat membaca tulisan sebelumnya tentang Cara Masuk Bios Mode pada Komputer dan Laptop
Setelah masuk ke mode Bios, klik Advanced
Lalu ubah ke Booting Sequence (atau boot priority) ke drive A
Setelah itu, anda akan masuk ke mode DOS atau Command Prompt dengan layar khas nya yang berwarna hitam.
Klik perintah C: (tergantung pada dimana drive anda menginstal Windows anda.
Lalu ketikkan lagi perintah scandisk c: untuk memerintahkan sistem didalam disk melakukan scanning terhadap error yang terjadi serta akan melakukan Fix / repair terhadap error tersebut.
Tambahan:
Bila error tidak ditemukan, maka kemungkinan besar eror pada komputer anda disebabkan oleh virus dsb. Anda dapat memasukkan Bootable Antivirus CD kedalam drive CD/DVD ROM anda.
Demikianlah informasi mengenai Cara membuat startup disk. Semoga bermanfaat. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar