ILMU KOMPUTER 2012

Rabu, 24 Oktober 2012

Panduan Microsoft Office 2010

This entry was posted by Wednesday, 3 October, 2012
Read the rest of this entry » Panduan Microsoft Office 2010
Ilmu Komputer – Microsoft Office bisa dikatakan sebagai ‘program wajib’ yang sudah hampir dimiliki oleh setiap orang pada komputer mereka. Microsoft office terdiri dari beberapa program didalamnya yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point, Front Page, dan beberapa plugin, addon, dokumentasi dll.
Pada tulisan kali ini akan membahas panduan microsoft office 2010 yang berguna untuk mempercepat dan mengefisienkan waktu kerja anda. Untuk pembahasan dan artikel mengenai tips / tutorial lainnya dapat mengunjungi situs Panduan Microsoft Office 2010 atau men-download ebook nya pada link ini

Panduan Microsoft Office 2010

Trik Office 2010

Tips Seleksi
Pada umumnya untuk menyeleksi suatu teks adalah dengan mengklik 2x pada teks yang ingin dipilih, atau klik 3x untuk memilih satu paragraf teks. Mungkin Anda sudah mengetahui cukup klik dua kali untuk menyeleksi satu kata dan klik 3x untuk menyeleksi satu paragraph.
Terdapat cara lainnya untuk menseleksi satu paragraf teks secara cepat yaitu dengan menekan tombol SHIFT dan klik pada paragraf yang ingin diseleksi untuk memilih seluruh teks pada paragraf tersebut. Sedangkan untuk memilih tabel secara keseluruhan adalah dapat menekan tombol ALT dan klik pada tabel yang ingin diseleksi.
Tips Membuat Tabel
Fitur ‘Draw Table’ adalah fungsi yang paling sering digunakan untuk membuat tabel data. Anda juga dapat membuat tabel melalui tab bagian Insert dan klik bagian Table untuk memunculkan jendela kecil seperti gambar dibawah ini:
Tips Microsoft Office
Geserlah mouse anda untuk memilih berapa jumlah tabel dan kolom yang ingin dibuat. Dengan cara ini anda dapat membuat tabel dengan lebih cepat. Anda juga dapat menggunakan tombol + dan – untuk membuat garis vertikal dan horizontal, tekan Enter jika sudah selesai.
Tips Menambahkan Comment Box
Bila anda ingin mengirimkan file dokumen ke teman atau klien anda. Ketimbang menambahkan penjelasan yang panjang lebar di email, Microsoft office telah menyediakan sebuah fitur untuk menambahkan komentar atau catatan dengan cara mengklik Tab bagian Review, pilih New Comment

Tips Membuat Daftar Melalui Keyboard

Fitur numbering atau daftar urut seringkali digunakan dalam Microsoft Office. Anda dapat membuat nomor urut ini dengan mengetikkan angka – angka pada keyboard lalu tekan Enter, yaitu ketikkan angka 1. kalimat yang diinginkan lalu tekan Enter. Secara otomatis Microsoft office akan membuat daftar list atau urutan.

Trik Office 2010 – Memasukkan Screen Capture ke Dokumen

Terdapat kegunaan tambahan pada Microsoft Word 2010 yaitu Screenshot yang mempermudah anda untuk memasukkan gambar print screen yang anda ambil dari layar komputer anda. Caranya adalah dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard, lalu klik pada tab bagian Insert, dan pilih Screenshot

Cara Menambahkan Bookmark ke Dokumen

Bookmark adalah fitur penanda pada dokumen. Fungsi bookmark ini sangat membantu sipembaca untuk menemukan bagian – bagian tulisan yang dianggap penting dengan cepat. Cara menambahkan bookmark adalah ke tab bagian Insert, lalu pada kolom Links, klik tulisan Bookmark. Selanjutnya tinggal ketikkan nama halaman yang ingin ditambahkan bookmark (penanda) setelah itu klik Add.
Panduan Microsoft Office 2010
Setelah satu atau beberapa bookmark ditambahkan, buatlah halaman baru khusus untuk memuat daftar isi anda.
Seleksi lah judul halaman pada dokumen anda, kemudian ke tab Insert lalu klik opsi Links dan pilih Hyperlink.
Setelah itu akan muncul jendela ‘Insert Hyperlink’
Pilih Place in This Document
Lalu pilih judul halaman di kolom Bookmark, lalu klik Ok
Trik Microsoft Office
Kemudian anda dapat langsung menuju halaman yang diiningkan dengan hanya meng-klik judul halaman pada daftar isi dengan menekan tombol CTRL + klik kiri mouse.

Cara Mengubah Status Bar

Barangkali tidak disadari bahwa status Bar pada Microsoft Word dapat juga diubah sesuai dengan keinginan anda yaitu dengan cara klik kanan pada status bar di Mic Word anda. Setelah itu anda akan muncul jendela untuk mengatur fitur – fitur apa saja yang ingin anda tampilkan.
Tips & Trik Microsoft Office 2010

Cara Mengatur Auto Correct

Mungkin anda pernah merasa kerepotan ketika mengetikkan kata – kata tertentu, misalnya ketika mengetikkan kata teh namun hasil ketikkan yang muncul justru berubah menjadi the. Itu adalah fitur dari auto correct. Sesungguhnya fitur tersebut adalah untuk mengecek kevalid-an suatu kata apakah sudah terketik dengan benar atau tidak. Namun terkadang fitur ini cukup merepotkan bagi pengguna yang tidak mengetikkan dokumen dalam bahasa inggris.
Untuk mengatur Auto Correct, klik tab bagian File, pilih Options
Klik Proofing dan pilih Auto Correct Options..”
Pada tab Auto Correct anda akan melihat kolom disana, ketikkan kata yang kiranya ingin anda hilangkan, misalnya kata ‘teh’.Untuk menghapus kata tersebut dapat mengklik tombol Delete.
Trik Microsoft Office 2010
Selain itu anda juga bisa mengedit atau menambahkan daftar kata – kata pada kolom auto correct tersebut.

Shortcut Microsoft Word 2010

Shortcut adalah tombol pintas untuk menjalankan fitur tertentu. Artikel lainnya tentang shortcut dapat membaca:
Berikut adalah kumpulan shortcut pada Microsoft Word 2010 dan office:
CTRL+Z – Untuk membatalkan proses dan perintah (Undo). Anda dapat membatalkan proses berkali – kali dengan menekan CTRL+Z berkali-kali.
CTRL+Y – Merupakan kebalikan dari CTRL+Z
CTRL+Spasi – Untuk menormalkan suatu kalimat / paragraf yang memiliki kesalahan dalam Bold, Italic, Underline kembali ke keadaan default.
CTRL+Q – Fungsi shortcut untuk menemukan kesalahan format paragraf seperti: double spasi, spasi tambahan pada awal dan akhir, dll. Cara menggunakan fungsi ini adalah seleksi terlebih dahulu seluruh teks paragraf lalu tekan CTRL+Q.
CTRL+L – Untuk memulai ketikan pada rata kiri.
CTRL+E – Untuk memulai ketikan pada rata tengah.
CTRL+R – Untuk memulai ketikan pada rata kanan.
CTRL+J – Untuk mengubah susunan paragraf / ketikan menjadi rata kiri-kanan

—–
Demikianlah beberapa kumpulan panduan microsoft office 2010 untuk mempercepat waktu kerja anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar