ILMU KOMPUTER 2012

Rabu, 24 Oktober 2012

Cara Melakukan Format Flashdisk & Harddisk Eksternal

This entry was posted by Monday, 13 August, 2012
Read the rest of this entry »
Format Flashdisk
Ilmu Komputer – Pada tulisan kali akan membahas ilmu komputer yang paling sederhana yaitu cara melakukan format flashdisk dan harddisk eksternal. Flashdisk dan harddisk eksternal adalah media komputer yang paling rawan sekali terkena virus sehingga mungkin dikarenakan oleh alasan ini anda ingin memformat flashdisk / harddisk eksternal anda.

Format Flashdisk & Harddisk Eksternal

Untuk melakukan format flashdisk & harddisk eksternal, hubungkan terlebih dahulu flashdisk / harddisk eksternal anda setelah media terbaca, klik My Computer. Lalu klik kanan pada Drive Flashdisk / harddisk eksternal yang ingin diformat > pilih format..
Setelah jendela format terbuka, pastikan pilihan Quick Format dalam keadaan tercentang.
Tambahan:
Anda dapat juga menghilangkan centang ini namun hal ini akan membuat proses format berjalan lebih lama namun proses format ini  akan melakukan “pemutihan” terhadap flashdisk yang diformat. Sehingga data sebelumnya yang sudah terhapus tidak akan dapat dikembalikan meskipun menggunakan software khusus. Sebagai rekomendasi, pilihan Quick format sudah cukup baik namun bila anda ingin mengunakan deep format hal itu juga bukanlah masalah. Tergantung kepada keputusan anda.  :-)
format flashdisk
Klik Start dan tunggu hingga proses format flashdisk selesai.
Cara untuk memformat harddisk eksternal adalah sama. Sebelumnya perhatikan dengan baik agar anda tidak salah melakukan format pada drive lain yang justru menyimpan data – data vital anda karena hal ini akan membersihkan total semua data – data anda. Jika hal tersebut memang terlanjur terjadi anda masih dapat mengembalikan datanya bila ditangani sesegera mungkin dengan menggunakan bantuan software recovery seperti File Scavenger dsb namun dengan catatan anda tidak memformat flashdisk tersebut dengan pilihan deep format.
Demikianlah tulisan mengenai Cara Melakukan Format Flashdisk & Harddisk Eksternal. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar