ILMU KOMPUTER 2012

Kamis, 25 Oktober 2012

Rahasia Fungsi Tombol Scroll Pada Mouse

Ilmu Komputer – Sebagai pengguna komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mouse. Salah satu asessories komputer yang pertama diciptakan tahun 1964 ini memiliki 3 tombol utama yaitu tombol kiri yang berfungsi sebagai tombol akses, klik kanan sebagai tombol menu pilihan dan scroll (roda) yang berfungsi sebagai penggerak halaman.  Scroll tersebut juga bisa ditekan yang juga memiliki kegunaan tertentu.
rahasia-fungsi-scroll-pada-mouse
Berikut ini adalah beberapa fungsi dan pengaplikasian tombol tengah pada scroll mouse:

Memperbesar Halaman Website / Dokumen

Tombol yang umumnya digunakan untuk memperbesar sebuah halaman pada website adalah dengan menekan CTRL + dan CTRL - .Namun anda juga dapat menggunakan fungsi scroll pada mouse untuk melakukan hal itu dengan menekan ALT pada keyboard, lalu Scroll mouse keatas untuk memperbesar halaman, dan scroll kebawah untuk memperkecil. Fungsi ini juga dapat digunakan pada dokumen Microsoft Word.

Membuka Tab Baru Pada Browser Internet

Pada umumnya untuk membuka Tab / halaman baru terpisah pada browser internet adalah dengan menekan CTRL+T .Dengan menekan tombol tengah scroll mouse pada tab kosong, anda juga dapat membuka Tab baru.

Membuka Banyak Link Pada Folder Bookmark Secara Sekaligus

Jika anda sering menjelajahi internet dan menemukan situs yang bagus yang layak untuk dikunjungi balik, biasanya anda dapat menyimpan halaman tersebut dengan mem-bookmark halaman tersebut atau menandainya kedalam folder favorit. Melalui tombol tengah pada scroll anda dapat membuka banyak link secara serentak dengan satu klik sehingga lebih menghemat waktu apabila anda memiliki banyak link disana.

Membuka Link Pada Tab Baru

Pada umumnya pada saat anda sedang berselancar di internet, setiap kali melakukan klik pada link lainnya, maka halaman sebelumnya akan berpindah ke halaman baru. Tentunya hal ini akan sedikit merepotkan apabila terdapat banyak bagian dari artikel pada halaman sebelumnya yang ingin anda lihat. Pada umumnya yang dapat anda lakukan adalah dengan klik kanan pada link yang ingin anda buka, lalu pilih Open Link in New Tab atau Open Link in New Window. Anda juga dapat melakukan hal ini melalui tombol  scroll. Dengan cara ini proses dapat berjalan lebih cepat dan praktis.

Melakukan Scroll Pada Dokumen

Tombol tengah scroll juga dapat digunakan untuk melihat halaman-halaman pada dokumen word, pdf, corel, excel, windows explorer, mozila ataupun internet explorer. Cara ini sangat berguna apabila dokumen yang anda buka memiliki ribuan halaman, atau halaman dengan artikel yang sangat panjang karena akan jauh lebih menghemat waktu.

Menutup Tab Browser Secara Cepat

Cara ini merupakan kebalikan dari Membuka Tab dengan menggunakan scroll. Pada umumnya untuk menutup tab adalah dengan menekan tanda x pada sebelah kanan tab yang sedang dibuka. Namun dengan tombol scroll pada tab, anda dapat menutupnya dengan lebih cepat daripada cara umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar