ILMU KOMPUTER 2012

Kamis, 25 Oktober 2012

Cara Merubah Tampilan Mozilla Firefox

This entry was posted by Friday, 5 October, 2012
Read the rest of this entry »
Merubah Tampilan Mozilla Firefox
Ilmu Komputer – Sebagai pengguna internet tentunya mengenal browser Mozilla Firefox. Browser Mozilla dinobatkan sebagai satu dari tujuh browser tercepat saat ini. Browser gratisan ini memang memiliki banyak keunggulan tersendiri terutama ketersediaan plugins / addons yang sangat banyak membuat Mozilla kaya akan fitur tambahan. Beberapa fitur tambahan yang dapat dilakukan oleh firefox antara lain untuk: mendownload video youtube & menjadikan halaman web menjadi pdf, mendownload album foto facebook, dll.
Mungkin anda merasa jenuh dengan tampilan browser Mozilla yang standar dan datar saja. Tahukah anda bahwa anda dapat merubah tampilan mozilla firefox dengan waktu hanya satu menit? Berikut adalah langkah – langkah untuk mempercantik firefox anda.

Cara Merubah Tampilan Mozilla Firefox

Bila anda masih menggunakan browser lama, ada baiknya mengupgrade atau mendownload Mozilla versi terbaru yang bisa didownload secara gratis melalui http://www.mozilla.org/en-US/firefox/new/. Tutorial pada artikel ini menggunakan Mozilla Firefox versi 15.0.1.
Bila anda sudah memiliki firefox dikomputer anda, klik File > Tools > Addons atau dengan menekan tombol pintas CTRL + SHIFT + A pada keyboard.
Halaman ini adalah ‘dapur’ koleksi addons yang dapat memperkaya fitur mozilla anda. Anda bisa menemukan ribuan jenis addons yang bisa ditambahkan ke browser anda. Untuk merubah theme, anda dapat meng-klik Featured Personas atau klik See All  untuk melihat koleksi theme lainnya.
Cara Merubah Tampilan Mozilla Firefox
Anda dapat menelusuri koleksi tema berdasarkan kategori atau berdasarkan pencarian. Pada contoh kali ini saya mencoba mencari tema berdasarkan hasil pencarian, cukup ketikkan kata kunci tema yang ingin anda cari pada kotak pencarian disebelah kanan atas dan klik ikon kaca pembesar.
Merubah Tampilan Firefox
Klik salah satu hasil pencarian pada bagian bawah. Pada layar berikutnya, klik Add to Firefox. Untuk melihat tampilannya (preview) saja, cukup arahkan pointer mouse keatas tombol Add to Firefox.
Mempercantik Tampilan Firefox
Setelah ditambahkan, maka tampilan tema anda akan langsung berubah seperti yang tampak pada gambar diatas. Anda dapat menemukan tema yang bersifat statis maupun bergerak (animasi).

Cara Merubah Tampilan Browser Opera

Opera merupakan salah satu browser unggulan selain Google Chrome dan Mozilla Firefox. Pada saat artikel ini ditulis, versi opera terbaru adalah versi 12.02. Untuk mendapatkan Opera versi terbaru dapat mendownloadnya secara gratis di http://www.opera.com
Klik ikon Opera lalu pilih Extensions > Get Extensions seperti tampak gambar dibawah ini (credited to FastnCheap website :-) )
Merubah Tampilan Opera
Pada menu berikutnya anda akan melihat 4 tab utama, antara lain: Home, Extension, Themes dan Search for Add Ons. Pilik Themes.
Setelah itu anda akan disuguhkan bermacam – macam koleksi tema yang bisa anda gunakan secara gratis. Sama seperti Mozilla Firefox, anda juga dapat mencari tema berdasarkan kategori seperti recomended, new, popular, top rated ataupun melalui kotak pencarian dengan mengetikkan kata kunci yang anda inginkan.
Klik salah satu theme yang anda suka lalu klik tombol Add to Opera
Merubah Tema Opera
Tunggulah beberapa saat hingga proses instalasi theme selesai. Setelah itu tampilan opera anda sudah berubah dan tidak lagi datar seperti sebelumnya :-)
Cara Merubah Tampilan Mozilla Firefox , Opera dan lainnya sebenarnya mudah dan hampir sama, yang membedakan adalah letak menu addon pada masing – masing browser. Silakan mencoba dan selama ber-eksplorasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar