ILMU KOMPUTER 2012

Kamis, 25 Oktober 2012

Beberapa Tips Membeli Laptop Bekas

This entry was posted by Friday, 24 August, 2012
Read the rest of this entry »
Ilmu Komputer - Saat ini laptop atau notebook tidaklah dikategorikan sebagai barang mewah yang hanya dapat dimiliki oleh orang tertentu. Seiring dengan jumlah kompetisi yang semakin ramai dipasaran membuat harga laptop / notebook menjadi bersaing dari waktu ke waktu. Harga notebook / laptop sangatlah bervariasi, baik baru maupun bekas. Khusus bagi anda yang mempunyai dana terbatas untuk membeli sebuah laptop tentunya, laptop bekas menjadi pilihan.
Membeli laptop bekas bukanlah tanpa resiko, namun bila anda terburu nafsu untuk membeli laptop bekas bukan tak mungkin akan membawa penyesalan dikemudian hari.

Tips Membeli Laptop Bekas

Tips Membeli Laptop BekasBerikut adalah beberapa tips membeli laptop bekas yang perlu anda perhatikan untuk meminimalisir buruknya kualitas laptop bekas yang akan anda beli tersebut:

Tips Membeli Laptop Bekas – LCD

Hardware adalah fisik dari laptop yang bersangkutan yang meliputi LCD, Baterai, Adapter, Keyboard, DVD ROM dsb. Hal paling vital yang perlu anda perhatikan adalah LCD. Pastikan agar LCD pada laptop tersebut tidak ada kebocoran. Cara untuk memeriksanya adalah dengan mengganti warna background pada desktop menjadi warna hitam. Bila anda melihat terdapat bintik-bintik berwarna putih terang sebaiknya anda memilih laptop lainnya.

Tips Membeli Laptop Bekas – Casing

Casing adalah permukaan / badan dari laptop yang bersangkutan. Beberapa goresan tentunya merupakan hal yang wajar untuk sebuah kondisi laptop bekas, namun yang perlu anda perhatikan sebaiknya adalah kondisi baut-baut pengancing case laptop. Bila masih terpasang dengan rapat (kencang) artinya kondisi laptop tersebut masih cukup baik. Sebaliknya bila terlihat longgar maka dapat diindikasikan bahwa laptop tersebut telah sering dibongkar sebelumnya.

Tips Membeli Laptop Bekas – Keyboard / TouchPad

Keyboard dan touchPad adalah perangkat penting lainnya. Tanpa keduanya, anda tidak akan dapat menggunakan laptop anda untuk mengetik atau mengklik menu. Pastikan agar anda menguji kondisi keduanya dengan mengetikkan satu persatu tombol laptop tersebut melalui file notepad kosong. Untuk membuka file notepad kosong dapat melalui: Klik kanan pada desktop > New > Text Document.Bila terdapat satu atau dua tombol yang tidak berfungsi lebih baik mencari laptop bekas lainnya yang masih berfungsi normal karena tentunya anda tidak menginginkan mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki keyboard tersebut, bukan?

Tips Membeli Laptop Bekas – Baterai Laptop

Baterai pada laptop juga sangat penting. Umumnya penyakit yang dapat ditemui pada baterai laptop adalah kebocoran sehingga durasi pemakaian laptop tidak akan bertahan lama. Untuk menguji kondisi baterai dapat mencoba menyalakannya selama kurang lebih 10-15 menit tanpa menghubungkannya ke aliran listrik. Bila selama jangka waktu tersebut anda melihat indikator baterai berkurang dengan cepat, maka dapat dicurigai bahwa kondisi baterai tersebut telah bocor.

Tips Membeli Laptop Bekas – CD Driver

Pastikan agar anda mendapatkan CD Driver dari laptop yang bersangkutan. Anda mungkin akan mengalami kesulitan dikemudian hari bila ingin melakukan format pada komputer anda karena CD Driver tersebut akan dibutuhkan untuk menginstal ulang.

Tips Membeli Laptop Bekas – Software (opsional)

Pastikan agar software-software yang terinstal didalam laptop tersebut dapat berfungsi dengan baik. Hal ini memang hanya opsional saja namun cukup menghemat tenaga kedepannya karena anda tidak perlu lagi menginstal ulang software-software yang dibutuhkan terutama jika anda masih awam terhadap komputer.
Demikianlah sedikit informasi mengenai Tips Membeli Laptop Bekas. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar