ILMU KOMPUTER 2012

Kamis, 25 Oktober 2012

Monitor Komputer – 3 Cara Sederhana Merawat Monitor Komputer

This entry was posted by Tuesday, 10 July, 2012
Read the rest of this entry »
Monitor Komputer – 3 Cara Sederhana Merawat Monitor Komputer
Ilmu Komputer – Bagi pengguna komputer, monitor adalah perangkat utama. Kondisi sebuah monitor sangatlah berpengaruh terhadap kerja anda. Tentunya anda tidak dapat bekerja, menonton CD/DVD, berinternet dengan nyaman bila monitor anda bermasalah.
Pada tulisan kali ini akan membahas 3 Cara Sederhana Merawat Monitor Komputer agar dapat berumur lebih panjang serta terhindar dari ‘blackout’ atau penyakit dari monitor.

Monitor Komputer – 3 Cara Sederhana Merawat Monitor Komputer

Jaga Kebersihan Monitor

Monitor Komputer - 3 Cara Sederhana Merawat Monitor KomputerUntuk merawat monitor komputer anda agar terhindar dari blackout, adalah menjaga kebersihan layar monitor terlebih bila anda menggunakan monitor LCD/LED. Jangan membiarkan bercak-bercak jari menempel. Bercak jari mengandung keringat yang bersifat asin bila layar monitor anda tidak pernah dibersihkan akan terakumulasikan berikut dengan debu sehingga dapat menyebabkan kinerja monitor menurun serta mempengaruhi usia monitor secara tidak langsung.
Segera bersihkan monitor bila terdapat bercak cairan minuman, makanan yang menempel. Selain itu harap jauhkan jangkauan anak kecil dari monitor komputer anda agar dapat terhindar dari goresan, guncangan dsb. Gunakan bahan yang ringan & halus seperti tissue untuk membersihkan komputer anda. Matikan komputer anda pada saat membersihkannya.

Atur Timer Monitor Komputer Anda

Jika anda adalah pengguna berat komputer yang menuntut komputer untuk hidup sepanjang hari (hal ini lumrah terjadi pada orang-orang yang bekerja dibidang grafis, 3d render dsb), alangkah baiknya bila anda merubah setting pada monitor komputer anda ke sleep time atau bedtime mode yang dapat anda setting melalui Control Panel bagian Power Options.
Hal tersebut dapat menghemat konsumsi energi pada monitor komputer anda dengan mengistirahatkannya bila komputer didiamkan dalam periode waktu yang telah disetting pada Power Options tersebut. Beberapa pakar komputer menyebutkan dengan mengaktifkan fitur screen saver juga dapat membantu mengefisienkan kerja VGA Card dan monitor komputer anda bila komputer kerap digunakan dalam waktu yang lama.

Gunakan UPS Komputer

Alangkah baiknya bila anda tidak langsung menghubungkan monitor komputer anda langsung ke aliran listrik dirumah anda secara langsung melainkan menghubungkannya ke UPS komputer yang dapat anda beli ditoko komputer dengan harga ratusan ribu. UPS komputer berfungsi sebagai stabiliser tegangan listrik selain berfungsi untuk menghindari stop kontak aliran listrik dirumah anda secara tiba-tiba, UPS tetap memberi jeda waktu kepada anda selama beberapa menit untuk mematikan komputer dan monitor anda. Aliran listrik yang tidak stabil merupakan salah satu penyebab yang menimbulkan kerusakan pada komputer.
Demikianlah informasi mengenai Monitor Komputer – 3 Cara Sederhana Merawat Monitor Komputer. Semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar