ILMU KOMPUTER 2012

Rabu, 24 Oktober 2012

Cara Menambahkan Recycle Bin Pada Flashdisk

This entry was posted by Monday, 8 October, 2012
Read the rest of this entry »
Cara Menambahkan Recycle Bin Pada Flashdisk
Ilmu Komputer – Recycle Bin berfungsi sebagai ‘tempat sampah’ pembuangan file di komputer. Semua file yang yang terhapus akan masuk ke dalam recycle bin kecuali file tersebut dihapus dengan menekan SHIFT+DEL pada keyboard. Keberadaan recycle bin cukup berguna untuk mengantisipasi terhapusnya file secara tidak sengaja sehingga anda masih bisa mengembalikannya.
Pada flash disk (removable disk / drive) tidak terdapat recycle Bin sehingga file yang terhapus secara sengaja atau tidak, tak akan bisa dikembalikan (kecuali menggunakan software undeleted atau file recovery). Pada tulisan kali ini akan dibahas sebuah cara menambahkan recycle bin pada flashdisk.

Cara Menambahkan Recycle Bin Pada Flashdisk

Untuk menambahkan recycle bin pada flashdisk, anda dapat menggunakan sebuah software recycle bin bernama iBin. Software ini adalah freeware gratis yang bisa di download di situs: http://sourceforge.net/projects/ibin/
Setelah file iBin terdownload, ekstrak semua file dan taruh kedalam flash disk anda
Klik file exe iBin untuk menjalankannya. Setelah itu akan terlihat jendela konfirmasi. Klik OK
Klik OK lagi untuk melanjutkan hingga finish
Cara Menambahkan Recycle Bin
Setelah itu anda akan melihat sebuah folder baru bernama iBin di dalam flash disk anda. Folder ini adalah tempat penampungan file yang anda hapus melalui flash disk anda. Setiap kali menghapus file akan terdapat jendela konfirmasi seperti gambar berikut:
Software Recycle Bin
Anda akan melihat 3 opsi penghapusan yaitu Erase it bila ingin menghapus file secara permanen. Cancel untuk membatalkan dan Dump into iBin untuk menghapus file ke dalam recycle bin buatan tadi, sehingga file tersebut bisa dikembalikan sewaktu – waktu bila masih dibutuhkan.
File yang terhapus dan dimasukkan kedalam iBin (Dump into iBin) dapat dilihat dengan cara mengklik folder iBin dan dapat dikelola melalui Dumping Management yang dapat diakses dengan cara meng klik ikon iBin pada sistem tray.
Untuk menghapus file secara permanen dari penampungan iBin, cukup seleksi file yang ingin dibuang lalu klik Clear Data Selected yang terdapat pada bagian bawah. Sedangkan untuk mengembalikan file, seleksi file – file tersebut lalu klik Recycle Data Selected
Recycle Bin Flash Disk
Demikianlah trik Cara Menambahkan Recycle Bin Pada Flashdisk. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar