ILMU KOMPUTER 2012

Kamis, 25 Oktober 2012

Restart Komputer Setelah Instal Program. Perlukah?

This entry was posted by Sunday, 22 April, 2012
Read the rest of this entry »

Restart Komputer Setelah Instal Program. Perlukah?

Ilmu Komputer – Sebagai pengguna komputer tentunya kita sering menginstal program kedalam komputer. Umumnya hampir setiap program selalu meminta agar melakukan restart program setelah proses instalasi selesai atau ketika program baru saja dibuang (uninstall). Perlukah kita melakukan hal tersebut setiap kali selesai menginstal suatu program?
Sebelumnya yang diperlu diketahui adalah bahwa tujuan dari sistem windows meminta untuk restart adalah untuk merelokasi file pada registry yang telah mengalami perubahan pada saat suatu program ditambahkan atau dibuang. Proses restart bertujuan untuk melalukan load atau baca ulang agar susunan registry dapat berada pada posisi seharusnya setelah proses penambahan atau pembuangan program terakhir.
Adakalanya pengguna merasa malas untuk melakukan restart komputer dan bila anda adalah termasuk satu diantaranya, maka dapat mencoba trik dibawah ini, agar susunan sistem didalam registry dapat melakukan relokasi / refresh otomatis tanpa harus melakukan restart.
  1. Klik Kanan CTRL+ALT+DEL pada keyboard
  2. Lalu klik Tab bagian Processes dan temukan tulisan explorer.exe dan klik End Process. (lalu klik Yes bila ada pesan muncul)
  3. Bila ada pesan yang menyatakan komputer akan melakukan proses shutdown. Tekan Cancel
  4. Setelah beberapa detik akan ada pesan error muncul. Klik End Task saja.
  5. Dengan trik ini sistem pada windows akan melakukan refresh / relokasi pada susunan registry tanpa perlu melakukan restart :-)
    Restart-Komputer-Setelah-Instal-Program.Perlukah?
Tambahan:
Bila komputer anda kemudian menjadi error dimana taskbar menjadi hilang setelah menjalankan trik diatas. Maka lakukan trik berikut:
Kembali tekan CTRL+ALT+DEL pada keyboard
Setelah Task Manager terbuka. klik File > New Task (Run)..
Ketikkan Explorer.exe dan Klik Ok
Demikian informasi mengenai cara merelokasi / refresh struktur pada registry tanpa perlu restart. Semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar